Sabtu, 18 Desember 2010

   Mahasiswa indonesia yg menciptakan game terbaru “Game yang berbentuk visual novel itu menggambarkan suasana bencana letusan Gunung Merapi yang menelan ratusan orang dan puluhan ribu orang mengungsi,” kata Imam Kuswardayan SKom MT, dosen pembimbing ITS, di Surabaya, Minggu (28/11).
Ada dua game yang diperkenalkan yaitu Merapi Joe dan Merapi Boy.
Merapi Joe bercerita tentang seseorang anak orang kaya raya asal Jakarta yang bernama Jonathan atau dipanggil Joe yang menjadi relawan.
Sementara Merapi Boy menceritakan warga Merapi yang menjadi korban Merapi, kemudian menjadi relawan membantu menyelamatkan penduduk lainnya.
Game berjudul Merapi Joe dibuat oleh Iq Pulshashi, Retno Mumpuni, dan Putri Nikensasi, sedangkan “Merapi Boy” dikembangkan oleh Intan Dzikria dan Sangkurnia Sekar Anom.
Menurut Imam Kuswardayan SKom MT, game itu diharapkan dapat mendorong masyarakat untuk lebih peduli terhadap musibah yang menimpa penduduk di sekitar Merapi.
“Setidaknya dengan game itu, masyarakat diperlihatkan visualisasi bencana Merapi lewat foto-foto yang memang diambilkan dari internet yang menggambarkan kondisi letusan Merapi,” katanya.
Selain itu juga bentuk visual novel memberikan pemahaman kepada masyarakat keputusan-keputusan yang diambil dan bagaimana akibatnya.
Menurut mahasiswa pembuat ‘game’ Merapi Boy, Intan, game itu dibuat dengan alur cerita yang dihadapkan untuk memilih beberapa pilihan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar